Manfaat Listrik

Manfaat Listrik

Tingginya kebutuhan manusia akan listrik sehingga menjadikan listrik kebutuhan pokok manusia, dan pikiran seperti ini membuat orang merasa tidak mungkin hidup tanpa listrik. Karena pentingnya listrik maka sudah semestinya kita memanfaatkan listrik dengan sangat bijaksana untuk kelangsungan energi listrik sampai dengan generasi yang akan datang. Salah satu upaya yang harus kita lakukan adalah "Gerakan Hemat Energi".
Kebutuhan manusia akan listrik dapat dibagi menjadi tiga fungsi bagian yaitu :


1. Gerak (Mekanik)
Manusia membutuhkan listrik untuk menggerakkan alat atau benda yang akan digunakan seperti pompa air yang bisa dilakukan oleh tenaga manusia namun akan lebih mudah bila menggunakan pompa listrik. Untuk penghematan gunakanlah toren (tangki air) untuk menampung air agar pompa air tidak menyala terus menerus.


2. Panas – Dingin
Kita membutuhkan listrik untuk memanaskan dan mendinginkan sesuatu.
Untuk mendinginkan makanan di lemari es, membuat es batu, dan menjalankan AC / mesin penyejuk ruangan. Diperlukan energi panas untuk menyalakan seterika, rice cooker dan dispenser.

3. Cahaya
Semua orang sudah pasti sangat membutuhkan cahaya, untuk penerangan. Maka dari itu cahaya merupakan yang paling banyak diperlukan oleh kita. Agar kita lebih hemat dalam menggunakan listrik untuk penerangan buatlah rancangan rumah dengan menggunakan cahaya matahari atau pencahayaan alam dengan sebanyak-banyaknya, untuk mengurangi pemakaian lampu dalam kehidupan sehari-hari.