Pengertian Sejarah

Sejarah (dari bahasa Yunani ἱστορία - Historia, yang berarti "penyelidikan, pengetahuan yang diperoleh oleh penemuan") sejarah merupakan penemuan, pengumpulan, organisasi, dan penyajian informasi tentang peristiwa masa lalu, asal-usul dan silsilah. Sejarah juga dapat berarti jangka waktu setelah menulis diciptakan. Para ahli sejarah yang menulis tentang sejarah disebut sejarawan. Sejarah merupakan bidang penelitian yang menggunakan narasi untuk memeriksa dan menganalisis urutan kejadian, dan kadang-kadang mencoba untuk menyelidiki obyektif (objek-objek) yang menyebabkan pola sebab dan akibat yang menentukan sebuah peristiwa.


Dahulu, pembelajaran mengenai sejarah dikategorikan sebagai bagian dari ilmu budaya (humaniora). Akan tetapi, kini sejarah lebih sering dikategorikan ke dalam ilmu sosial, terutama bila menyangkut perunutan sejarah secara kronologis. Ilmu sejarah mempelajari berbagai kejadian yang berhubungan dengan kemanusiaan di masa lalu. Ilmu sejarah dapat dibagi menjadi kronologi, historiografi, genealogi, paleografi, dan kliometrik.

Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.