Makna Dan Fungsi Lingkungan Dan Keindahan

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan mahluk hidup termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya. Berdasarkan pengertian lingkungan hidup, terdiri dari unsur-unsur biotik (mahluk hidup), unsur-unsur abiotik (mahluk tak hidup), dan unsur-unsur budaya. Kami akan menjelaskan unsur-unsur lingkungan hidup.


Unsur biotik adalah unsur yang terdapat dalam lingkungan hidup untuk media saling berhubungan seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur biotik sangat berpengaruh bagi kehidupan kita karena kalau tidak ada unsur biotik maka kita tidak bisa berkembang biak secara sempurna.

Unsur budaya adalah sistem nilai, gagasan, dan keyakinan yang dimiliki manusia dalam menentukan perilakuknya sebagai mahluk sosial seperti bangunan, baju, mobil, rumah , dan lain-lain. Unsur budaya dapat membentuk perilaku seseorang dalam menjalani kehidupan.

Makna keindahan sering disetarakan orang dengan kebaikan. Hanya saja, keindahan biasanya dilekatkan kepada benda, baik hidup maupun mati, sedang kebaikan diatributkan kepada perbuatan.  Karena penyetaraan itu, kebaikanpun akan pula dikurung oleh tanda tanya persis yang seperti tanda tanya yang memasung kata keindahan. Jadi, kebaikan pun bisa dipertanyakan; apa betul di alam nyata ini ada kebaikan? Atau ia hanya sekedar sesuatu yang dipaksakan indah oleh pikiran kita, selera kita, nafsu kita, dan kecenderungan kita?