Pengertian Flashdisk dan cara merawatnya

Temen-temen pasti sudah tidak asing lagi dengan kata "Flashdisk".
nah sebenarnya apa sih Flashdisk itu..??

Flashdisk adalah merupakan suatu alat penyimpanan data yang ketahanannya tidak terlalu lama, kenapa demikian? selama ini kita selalu mengandalkan flashdisk untuk penyimpanan data-data yang di anggap penting. Padahal flashdisk merupakan alat penyimpanan data yang sangat mudah terserang virus. disamping itu juga flashdisk sangat mudah rusak.

Kebanyakan perusahaan komputer yang menjual flashdisk hanya memberikan garansi kepada para pembelinya maksimal 1 (satu) tahun, hal ini membuktikan bahwa daya tahan produk yang satu ini kurang lebih 1(satu) tahun.

Tetapi bagi anda yang selalu menggunakan flashdisk sebagai alat untuk penyimpanan data tidak perlu khawatir, saya akan mencoba memberikan beberapa tips untuk anda bagaimana caranya merawat flashdisk kita agar bisa lama bertahan. berikut beberapa tips bagaimana merawat flashdisk:

* Usahakan jangan menyimpan file-file yang sangat banyak kedalam flashdisk, jika memungkinkan lebih baik di zip. karena semakin banyak menyimpan file maka proses menulis Flashdisk juga akan lebih banyak, sehingga umurnya juga cepat berkurang.

* Hindari mengedit langsung dari Flashdisk. Alternatifnya copy data yang mau di edit tersebut ke komputer anda, kemudian ketika sudah selesai di edit baru di copy kembali ke Flashdisk anda.

* Bila tidak melakukan proses apa-apa, seperti mengcopy data ataupun yang lainnya maka sebaiknya Flashdisk jangan terpasang pada komputer.

* Di usahakan selalu melepas Flashdisk dari komputer melalui “Safety Remove Hardware” dan hindari langsung melepas dari komputer ketika sedang dalam proses membaca data atau menulis, karena bisa saja rusak akibat arus listrik. Flashdisk satu dengan yang lainnya mempunyai umur dan kecepatan yang berbeda-beda.