Beberapa Tips memaksimalkan kinerja PC

PC atau Desktop yang bekerja dengan lambat tentu akan mengganggu pekerjaan kita. Apalagi jika kita sedang dikejar dikejar oleh deadline, PC yang lambat tentu akan membuat kita semakin tidak sabar dan bisa-bisa pekerjaan kita terlambat dan mengakibatkan hilangnya rezeki yang sudah di depan mata.

Mengganti PC mungkin salah satu alternatif terbaik untuk menangani masalah tersebut, tetapi jika uang di kantong tidak cukup, maka ada beberapa cara untuk mensiasati dan memaksimalkan kinerja PC yang kita miliki.

Lambatnya PC bisa terjadi karena kesalahan dalam setting konfigurasi PC ataupun karena banyaknya software bermasalah yang ada di dalam PC kita. Jadi jika Anda adalah salah satu yang mempunyai PC dengan performa lambat, Anda perlu membaca tips-tips berikut ini.

Ada banyak langkah untuk dapat memaksimalkan kinerja PC yang kita miliki. Diantara hal-hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan kinerja PC adalah:

1. Memasang Software Yang Tepat
Pasang atau install software yang tepat untuk komputer kita. Jika komputer kita adalah pentium 1 jangan install software terlalu banyak ataupun software yang memerlukan memori yang banyak karena tentu saja ini akan membuat komputer kita berjalan lambat.

Install software sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita hanya menggunakan komputer untuk mengetik, jangan menginstal software yang berat ke dalam komputer kita dan jarang kita gunakan. Semakin banyak software yang terinstall ke komputer kita, akan membuat komputer kita berjalan semakin lambat.

2. Konfigurasi Yang Tepat
Konfigurasi hardware yang tepat juga dapat memaksimalkan kinerja PC yang kita miliki. Misalnya saja kita mempunyai PC dengan memori yang besar, tetapi setting memori tersebut hanya kecil tentu akan membuat komputer kita lebih lambat dari seharusnya.

Atau jika komputer kita memakai vga card internal yang menggunakan shared memori RAM, setting memori VGA sesuai dengan kebutuhan. Memberikan memori yang besar kepada VGA akan memperlambat kinerja PC kita.

3. Bersihkan PC Secara Teratur
Kebersihan merupakan salah satu aspek yang bisa memaksimalkan kinerja PC yang kita miliki. Bersihkan debu yang ada di dalam PC terutama di bagian kipas processor. Banyaknya debu yang ada di kipas processor akan membuat suplai udara ke processor akan terhambat.

Tentu saja ini akan berbahaya dan mengakibatkan seringnya hang pada komputer. Bahkan hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada processor. Selain itu bersihkan juga debu-debu di perangkat lain yang ada di dalam komputer.

4. Menggunakan Registry Cleaner
Selain membersihkan bagian hardware, kita juga perlu membersihkan bagian software. PC yang berjalan lambat bisa terjadi karena sistem registry yangrusak atau banyaknya file sampah yang bisa menghambat kinerja software.

Untuk membersihkan software ini bisa dilakukan dengan menggunakan software registry cleaner yang bisa didapatkan dari berbagai produsen. Misalnya saja software RegMec, TuneUp Utilities, dan masih banyak lagi software registry cleaner yang lain.

5. Lakukan Scan Virus
Bisa jadi PC kita dipenuhi oleh virus yang menggunakan seluruh memori yang tersedia hingga membuat PC kita berjalan lambat. Untuk menanggulangi hal ini perlu dilakukan scanning virus secara berkala. Proses scan dapat dilakukan dengan menggunakan antivirus yang ada di komputer ataupun dengan sistem online.

6. Jangan Menjalankan Banyak Software Sekaligus
Tips terakhir ini mungkin sangat sepele, tetapi jika terlalu banyak software yang berjalan tentu akan membuat komputer kita semakin lambat. Hal tersebut dikarenakan software-software tersebut memerlukan memori untuk menjalankan program. Jalankan software yang anda perlukan untuk bekerja seminimal mungkin akan performa komputer tetap terjaga.