Badan Geologi

Pusat Informasi -->Badan Geologi adalah satu-satunya instansi di Indonesia yang memiliki tugas dan fungsi menyediakan data dan informasi geologi untuk pelayanan masyarakat serta berkewajiban mengungkap potensi geologi Indonesia yang mencakup potensi sumber daya, lingkungan dan kebencanaan geologi.

Badan Geologi sebelumnya bernama Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral merupakan institusi sebagai keberlanjutan dari Dients van den Mijnbow yang telah berdiri sejak tahun 1929 bertempat di Jalan Diponegoro nomor 57 Bandung. Sebagai unit eselon satu di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dalam menjalankan tugas pokoknya, Badan Geologi mempunyai lima unit eselon dua yang terdiri dari Pusat Survei Geologi, Pusat Sumber Daya Geologi, Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, serta Sekretariat Badan Geologi.

Dalam upaya menggapai visi geologi untuk kesejahteraan dan perlindungan masyarakat, Badan Geologi memiliki misi:
• Mengungkap kekayaan sumber daya geologi untuk ketahanan energi, pemenuhan bahan baku industri, dan penyediaan air bersih;
• Melakukan mitigasi bencana geologi untuk perlindungan manusia dan harta benda;
• Menyediakan data dan informasi geologi untuk pengelolaan lingkungan dan pembangunan sektor terkait; dan
• Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan bidang geologi dalam rangka penyediaan informasi sumber daya, lingkungan, dan kebencanaan geologi.

Di dalam percapaian visi dan misi tersebut Badan Geologi ditunjang oleh para ahli geologi dan geofisika serta sarana prasarana yang lengkap dan modern untuk melayani masyarakat Indonesia dan para stakeholder dengan menyajikan data dan informasi kegeologian melalui website, berbagai buku, jurnal, buletin dan majalah mengenai hasil-hasil penelitian geologi yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Geologi telah menjadi bagian dari seluruh kegiatan kita sehari-hari. Manusia telah merasakan karunia yang diberikan alam, manfaat yang melimpah ruah dari berbagai sumber daya bagi kelangsungan hidupnya dari generasi ke generasi. Karena itu Badan Geologi senantiasa melakukan upaya-upaya guna mengungkapkan potensi sumber daya geologi di Indonesia.

Sumber : Badan Geologi - Kementerian ESDM