Kiat-kiat menjadikan Lingkungan Indah

jangan cuma tahu tentang "Go green" dan "Global Warming" aja. Yuk, berperan serta secara langsung untuk merawat lingkungan biar Bumi nggak semakin sekarat diantaranya dengan:



* Buang sampah di tempatnya dan ikut memungut sampah orang lain yang tercecer. Kepedulian kita terhadap semua tempat dan jalan yang kita lalui tidak hanya menjadikan lingkungan itu bersih dan sehat, melainkan secara tidak langsung kita sudah memberi contoh yang baik bagi orang lain yang melihatnya.



* Buat lubang biopori di rumah. Lubang resapan ini adalah teknologi tepat guna dan ramah lingkungan banget untuk mengatasi kendala banjir, terutama di daerah perkotaan.



* Pakai kertas bolak-balik. Kalau nggak terlalu penting, nggak usah di -print out. Kalau ada kertas bekas jangan langsung dibuang, potong jadi bagian-bagian kecil untuk kita jadikan notes "TO-DO LIST" .



* Kurangi penggunaan AC. Sekarang ini siang hari rasanya bisa panaaaas banget, tapi coba bertahan yuk tanpa memakai AC. Cukup buka jendela atau nyalakan kipas angin saja. Kalau dibiasakan, lama-lama badan kita akan kuat kok. Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak, ya!



* Bawa grocery bag sendiri dari rumah pas lagi belanja. Kamu pasti sudah tahu kan betapa susahnya mengurai sampah plastik? Nah, coba bawa grocery bag cantikmu sendiri untuk berbelanja. Kamu bisa membelinya di Marks & Spencer, The Body Shop, maupun ak.’sa.ra Bookstore (psst, yang di Kemang paling banyak pilihannya!)



* Padamkan listrik jika tidak digunakan. Jangan biasakan juga membiarkan laptop, PlayStation, atau Nintendo Wii kalian dalam keadaan stand-by kalau sedang tidak digunakan karena pada kondisi ini alat elektronik akan tetap menyedot energi.



* Dan yang paling utama, turunkan standar kenyamanan kita! Semua alat di sekeliling kita ada untuk menunjang kenyamanan kita; AC biar kita nggak keringetan, pakai kertas sekali buang karena nggak mau repot, atau belanja bulanan menggunakan tas plastik daripada kardus biar lebih praktis. Nah, yuk sama-sama mencoba untuk “sedikit lebih susah” demi mengurangi pemakaian produk-produk yang sebenarnya kurang perlu agar eksploitasi terhadap alam pun dapat kita minimalisir.