Hutan

Apakah hutan itu?
Hutan adalah tempat tinggal (habitat) berbagai tumbuhan dan hewan yang berinteraksi satu sama lainnya dan dengan lingkungan sekitarnya. Berdasarkan kamus, istilah hutan juga diartikan sebagai kumpulan rapat pepohonan dan berbagai tumbuhan lainnya dalam suatu wilayah tertentu.
Manfaat hutan bagi kita


Umumnya orang hanya menganggap manfaat hutan sebagai sumber produksi kayu. Padahal, justru manfaat sebenarnya bagi kehidupan kita semua jauh lebih banyak. Apa saja?
Hutan ternyata berguna sebagai tempat resapan air. Banyaknya lapisan humus yang berpori-pori serta banyaknya akar yang berfungsi menahan tanah menyebabkan hutan dapat menahan dan meresapkan air hujan secara efektif. Hutanpun juga berfungsi sebagai payung raksasa. Tumbuh-tumbuhan yang rapat dan tinggi dapat melindungi permukaan tanah dari derasnya hujan, sehingga tidak terjadi erosi atau pengikisan. Sekarang kau tahu mengapa bencana banjir selalu dikaitkan dengan gundulnya hutan! Berbagai produksi hutan selain kayu ternyata juga sangat banyak. Rotan, madu, tanaman obat-obatan, dan banyak lagi adalah contohnya.

Hutan di Indonesia
Hutan di Indonesia sering disebut hutan hujan (rain forest) karena jenis dan ukuran pepohonannya yang sangat tinggi menyebabkan fungsi “payung raksasa” dan resapan airnya paling hebat di dunia.