Gagal Berkali-kali itu Luar Biasa

Mengapa demikian? Bukankah gagal itu menyedihkan dan memalukan? Gagal itu membuat perjuangan kita sia-sia. Apakah benar?

"Jangan Menyerah!" Itu adalah kalimat utama yang selalu muncul pada saat kita gagal. Namun kita akan membuat kegagalan itu menjadi trauma. Seharusnya tidak! Menjadikan kegagalan itu pelajaran dan pengalaman hidup adalah tujuan utamanya.
Gagal membuat kita terbiasa dalam suasananya. Jika kita gagal, mungkin kita masih pemula dan belum terbiasa. Pemimpin-pemimpinpun pasti pernah mengalami kegagalan. Betul?
Jika kita gagal berkali-kali, mungkin kita belum tahu strategi untuk menang. Kemenangankan butuh proses. Dan prosesnya tidak gampang loh!

Tanggapan: "Menurut saya, dalam perlombaan itu kemenangan dan kekalahan bukanlah utama. Tapi keberanian dan keyakinannya untuk mengalahkan pesaing-pesaingnya yang juga kuat dan pintar-pintar. Jika kerabat atau siapapun menertawakan kita, berarti merekalah yang memalukan. Mereka ikut dalam pertandingan saja sudah tidak mau, apalagi memenangkannya?"